Begini Panduan Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Surat sehat sering dijadikan sebagai syarat dalam berbagai keperluan. Dokumen ini paling sering dijumpai sebagai syarat saat melamar pekerjaan maupun mendaftar untuk masuk kuliah. Namun di masa pandemi seperti sekarang, surat keterangan sehat lebih sering dibutuhkan. Bahkan untuk traveling saja Anda akan membutuhkan surat ini agar bisa menempuh perjalanan dengan nyaman.

Pembuatan Surat Sehat

Dokumen keterangan sehat ini bisa dibuat di fasilitas tertentu seperti puskesmas dan rumah sakit. Bagi Anda yang ingin membuat surat ini untuk keperluan tertentu, maka ada prosedur yang harus diikuti. Berikut adalah beberapa cara yang perlu dilakukan demi mendapatkan surat sehat yang bisa dipertanggungjawabkan:

1. Pilih Layanan yang Tepat

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menentukan tempat pembuatan surat sehat ini. Ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk membuat surat sehat yaitu puskesmas dan rumah sakit. Pilihlah lokasi rumah sakit dan puskesmas terdekat untuk mengeluarkan dokumen ini secara legal. Pastikan fasilitas yang dipilih memiliki izin operasi resmi.

Pilihan tempat pembuatan surat sehat ini sangatlah penting karena Anda tidak bisa mendapatkan dokumen ini di sembarang tempat. Pilihlah tempat yang memberi layanan pembuatan surat sehat dengan mudah dan praktis. Ini akan menghemat waktu dan tenaga Anda untuk mendapatkan surat sehat secara mudah.

2. Penuhi Syaratnya

Langkah berikutnya adalah penuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk membuat surat sehat. Tentu saja Anda harus mengikuti aturan dari rumah sakit atau puskesmas tempat Anda membuat surat. Setiap tempat mungkin akan memberikan persyaratan yang berbeda, jadi penting sekali untuk mempelajari apa saja syarat yang dibutuhkan.

Sebenarnya syarat untuk membuat surat keterangan sehat ini tidaklah rumit. Umumnya pemohon hanya diminta untuk memperlihatkan KTP. Selain itu pemohon juga perlu membayar biaya pembuatan surat yang besarnya ditentukan oleh puskesmas atau rumah sakit terkait. Jika syarat sudah terpenuhi maka akan lebih mudah untuk mengurus surat ini.

3. Jaga Kondisi Tubuh

Hal paling penting yang harus dilakukan ketika akan membuat surat sehat adakah menjaga kondisi tubuh. Pastikan tubuh dalam kondisi prima ketika pembuatan surat ini. Surat sehat tentu tidak akan dikeluarkan jika kondisi tubuh Anda sakit. Anda juga harus memiliki kesadaran untuk membuat surat hanya jika kondisi tubuh sedang dalam status yang sehat.

Dokter tidak akan mengeluarkan surat sehat ini jika kondisi tubuh Anda memang tidak dalam kondisi prima. Tak hanya fisik, mental juga harus dalam status sehat jika ingin dokumen ini dikeluarkan secara resmi. Oleh sebab itu, jaga kondisi tubuh sebaik mungkin dan cobalah untuk mengelola stres demi mendapat surat ini.

4. Ikuti Pemeriksaan

Jika sudah mendapat tempat pembuatan surat dan memenuhi syarat maka berikutnya Anda harus menjalani proses pemeriksaan. Dokter akan mengarahkan Anda agar menjalani beberapa rangkaian pemeriksaan dasar. Proses ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kondisi tubuh secara menyeluruh, apakah dalam kondisi sehat atau tidak.

Tahap pemeriksaan yang perlu dilakukan biasanya adalah pemeriksaan dasar. Seperti cek tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, serta pengecekan fisik lainnya. Jika dibutuhkan juga ada langkah pemeriksaan lain seperti foto rontgen thorax, rekam jantung, cek urine, dan lain sebagainya. Ikuti saja jenis pemeriksaan yang disarankan oleh dokter.

5. Tunggu Surat Keluar

Saat semua proses sudah selesai maka hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menunggu surat sehat keluar. Pemrosesan surat sehat ini tidak akan menghabiskan waktu lama. Selama Anda sudah memenuhi syarat, membayar biaya, dan menjalani pemeriksaan maka surat bisa segera dikeluarkan.

Penting untuk diketahui bahwa surat sehat ini hanya akan keluar jika kondisi tubuh Anda memang sehat. Itulah alasan sangat penting memastikan tubuh Anda sehat terlebih dahulu. Jika dalam kondisi sehat maka akan lebih mudah untuk mendapatkan surat ini.

Itulah tadi rangkaian prosedur pembuatan surat keterangan sehat. Dokumen ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan dan akan menjadi bukti kondisi tubuh Anda. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan lakukan konsultasi dengan dokter jika ada masalah yang dirasakan oleh fisik maupun mental Anda.

By Maitsa