ac mobil toyota

Tips Merawat AC Mobil Toyota agar Selalu Sejuk

Bagi anda yang memiliki mobil Toyota, tentu pernah merasakan bahwa AC mobilnya mulai berkurang kesejukannya. Salah satu alasan kenapa AC mobil Toyota mulai menurun fungsinya ialah karena kurangnya perawatan.

Kadangkala, kita menggunakan AC tanpa mempedulikan kondisinya. Jika merasa suhu dalam mobil kurang dingin, maka AC akan terus diatur hingga level max. Nah, kondisi semacam ini ditambah perawatan yang terabaikan tentu mengakibatkan AC mudah rusak.

Untuk itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips simpel kepada anda untuk merawat AC MOBIL Toyota agar awet dan terjaga dari kerusakan.

Cara Merawat AC Mobil Toyota

Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan perawatan pada AC mobil yang anda miliki:

1.    Jangan Gunakan Secara Non Stop

Memang, kondisi suhu dan cuaca di kota besar sangat panas. Apalagi jika terjadi kemacetan yang panjang tentu suhu dalam mobil akan meningkat dan begitu pengap. Dalam kondisi seperti demikian, tentunya tidak ada pilihan lain selain menghidupkan AC secara terus menerus.

Kita seringkali lupa mematikan AC disaat sedang tidak dibutuhkan. Apabila AC menyala terus menerus, apalagi dalam kondisi pengaturan paling maksimal tentu akan mudah menyebabkan kerusakan pada filter AC.

Alangkah baiknya, bila mobil sedang melaju dalam kecepatan yang cukup kencang maka buka saja jendela kaca lalu matikan AC. Hidupkan kembali saat sedang mengalami kemacetan atau saat kondisi tertentu saja.

2.    Bersihkan Filter AC dengan Teratur

Mobil Toyota keluaran baru dilengkapi dengan filter kabin pada AC nya agar udara lebih bersih dan ruangan tidak terlalu kering. Tetapi, filter AC seringkali tersumbat oleh debu ataupun kotoran lain yang tidak sengaja terhisap.

Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan menyebabkan masalah pada motor fan karena kinerjanya jadi lebih berat akibat filter terhambat oleh kotoran. Bila motor fan sudah overheat, tentu AC akan mudah sekali mengalami kerusakan.

Berbeda dengan AC mobile Toyota keluaran lama (dibawah tahun 2012) yang tidak ada filter kabinnya, maka motor fan tidak mudah mengalami masalah sehingga perawatannya lebih minim.

Untuk itu, sebaiknya bersihkan filter kabin secara teratur antara 3 sampai 6 bulan sekali agar kinerja AC tidak terganggu dan tidak mudah rusak. Jika anda tidak bisa membersihkannya sendiri, bawa saja ke bengkel service resmi Toyota.

3.    Jauhkan Pengharum Mobil dari Lubang AC

Perlu anda ketahui, bahwa pengharum ruangan mobil akan menyebabkan masalah pada AC akibat endapan zat kimia yang terakumulasi di dalam evaporator. Bila terus dibiarkan, endapan ini akan menyebabkan tumbuhnya jamur dan jadi sarang debu.

Kebiasaan menaruh pengharum mobil pada lubang AC memang menjadi trend di kalangan masyarakat. Namun, karena anda sudah mengetahui hal ini dapat merusak AC maka lebih baik tinggalkan.

Untuk keamanan, lebih baik gunakan pengharum mobil berbahan padat, jangan yang spray. Selain itu, tempatkan parfum pada bagian depan mobil agar wanginya tidak hilang secara sia-sia.

4.    Hindari Merokok di Dalam Mobil

Baik pada saat AC dihidupkan ataupun tidak, lebih baik jangan merokok di dalamnya. Debu dari abu pembakaran rokok serta asap rokoknya dapat mengakibatkan tersumbatnya filter dryer.

Bila anda ingin merokok, lebih baik keluar dari mobil terlebih dahulu. Selain menyebabkan masalah pada AC mobil Toyota, merokok dalam mobil tentu akan mengakibatkan ruangan menjadi pengap dan mempengaruhi masalah pernafasan bagi semua orang yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa macam tips merawat AC mobil Toyota yang bisa anda lakukan sendiri dari rumah. Semoga bermanfaat !

ac mobil toyota
ac mobil toyota

By zayzee